lambang manchester united

lambang manchester united
MU,adalah salah satu klub terbaik di dunia

Senin, 31 Januari 2011

ADAB MAKAN DAN MINUM

Makan dan minum merupakan kebutuhan sehari hari manusia.Karena merupakan sebuah kegiatan rutin,kadang kadang masalah makan dan minum tidak mendapatkan perhatian yang khusus.Padahal makan dan minum merupakan faktor yang sangat penting dalam hidup.Apa yang dimakan dan diminum seseorang serta bagaimana tata cara dia makan sangat berpengaruh terhadap kehidupannya.
Dalam hal makan dan minum,manusia dan binatang sama-sama melakukan dan membutuhkannya.Namun yang membedakan adalah manusia mempunyai tata cara[adab],sedangkan binatang menjadikan makan dan minum hanya sekedar untuk memuaskan nafsunya.Adab makan dan minum tersebut menjadikan kegiatan makan dan minum bagi manusia tidak hanya sekedar untuk memuaskan nafsu saja,namun jugsa terkandung nilai ibadah .Untuk lebih jelasnya pelajarilah pembahasan mengenai adab makan dan minum dalam ajaran islam berikut ini.
A.Tata Krama Sebelum Makan dan Minum
1.Mencuci tangan sebelum makan
sebelum makan cucilah tangan terlebih dahulu,hal ini sangat berguna untuk menjaga kesehatan kita.Barangkali sebelum makan tadi tangan kita memegang bakteri/kuman yang membahayakan kesehatan kita.
2.Duduk dengan baik
Rasulullah memberi contoh makan dengan duduk dan mencela mmakan dan minum sambil berdiri atau berjalan dapat menghilangkan keberkahan makanan.
3Berdo,a sebelum makan dan minum
Sebelum makan kita diperintahkan untuk berdo,a,hal ini mengandung maksud agar kegiatan makan dan mi
num diberi keselamatan
B.Tata Krama Pada Saat makan
1.Jangan sekali-kali mencelah makanan
Ketika makan,tidak selalu apa yang kita makan sesuai dengan selera.Bagaiman sikap kita?Ajaran islam melarang mencela makanan
2.Jangan makan dengan terburu-buru
Makan dan minum tidak boleh dilakukan dengan terburu-buru karena dikhawatirkan menjadikan krja organ-organ pencernaan di dalam tubuh bekerja dengan tidak sem[urna.Makanlah dengan tenang dan tidak tergesa-gesa.
3Makan dan minum dengan menggunakan tangan kanan
Dengan menggunakan tangan kanan untuk makan dan minum mengandung nilai bahwah kita menghargai atau memuliakan makanan tersebut.
4.Menyantap makanan yang paling dekat.
Ketika makan bersama orang banyak dengan bermacam-macam makanan yang dihidangkan,maka ambilah yang kamu sukai dan yang terdekat.
5.Menghabiskan makanan,jangan ada yang tersisa karena kita tidak mengerti bagian mana yang mengandung berkah
6.Tidak langsung menghabiskan minuman dalam jumlah tertentu Nabi memberi contoh;bahwa apabila minum satu gelas,hendaklah dua atau tiga kali,mulaila dengan bacaan basmalah dan akhiri dengan hamdalah
7.Tidak meniup makanan dan minuman karena panas
Bila seseorang meminum minuman yang panas,janganlah ditiup dan tunggulah hingga dingin,karena tiupan itu membawah racun.Demikianlah uraian diatas smoga kita dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.Dan jangan lupa kalau sesudah makan berdo,a!

.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar